Tips Menjaga Dan Memaksimalkan Performance Laptop

Tips Menjaga Dan Memaksimalkan Performance Laptop

Dalam penggunaan Laptop tentu saja akan adanya masalah-masalah yang biasanya umum terjadi pada setiap Laptop ataupun Komputer salah satunya lola atau lemot, tentu saja masalah ini sangat mengganggu pekerjaan kita, Nah, Tentunya harus ada perawatan yang dilakukan agar Laptop/komputer kesayangan anda tetap lancar tanpa kendala, Pada dasarnya Laptop/Komputer bagaikan makhluk hidup yang perlu perawatan agar tetap sehat dan berumur panjang.

Nah, Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan beberapa Tips Menjaga dan Mempercepat Performance Laptop sobat agar tidak lemot dan lola. Langsung saja kita simak beberapa Tips Menjaga Dan Memaksimalkan Performance Laptop

Hapus Aplikasi-Aplikasi Yang Tidak Penting


Instal lah aplikasi yang seperlunya saja sesuai dengan kebutuhan, karena terlalu banyak aplikasi berpengaruh terhadap kinerja Laptop Sobat. Nah, Jadi silahkan hapus aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan. Caranya sebagai berikut :


Klik start -> pada kolom Search ketik " Programs And Features ", Klik "Programs And Features" -> Pilih aplikasi yang akan dihapus -> Uninstal


Clean Up Pada Hardisk

Ketika Laptop Sobat baru saja diinstal ulang tentu saja performance Laptop masih stabil, Tapi ketika laptop sudah dipakai untuk browsing atau lainnya tentu saja registry, cache dan cookies sudah menumpuk itu lah yang membuat kinerja Laptop menjadi terganggu, Untuk itu tentunya harus kita hapus agar Laptop kembali lancar. Caranya sebagai berikut :

Klik Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk CleanUp -> Pilih partisi yang akan dibersihkan -> OK


Nah, Kemudian akan muncul form seperti diatas, Centang semuannya, Kemudian OK.
Lakukan langkah tersebut kepada setiap partisi di hardisk.

Defragment Hardisk

Apa sih tujuan dari Defragment? Ketika Laptop/Komputer Sobat sudah terpakai tentunya banyak berkas-berkas yang tidak tertata lagi, khusunya pada sistem, Nah disinalah fungsi Defragment yaitu menata ulang berkas-berkas yang ada pada Hardisk agar Sistem dapat dengan mudah membacanya. Caranya sebagai berikut : 

Klik Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk Defragmenter -> Block semua partisi -> Pilih Defragment Disk


Setelah pilih defragment lalu tunggu sampai proses defrag selesai, proses ini agak sedikit lama tergantung file yang ada di Hardisk Laptop.

Meminimalisir Startup Aplikasi

Aplikasi yang sekiranya tidak penting dapat memperlambat proses startup(proses menyala) pada windows, oleh sebab itu lebih baik kita matikan agar proses start up dan kinerja laptop menjadi lebih ringan. Berikut caranya :

Tekan Windows+R secara bersamaan -> Ketik "msconfig" (tanpa ") -> Tekan OK -> Pilih startup -> hilangkan centang pada aplikasi yang tidak penting.



Kemudian OK, pada proses ini windows akan meminta Sobat untuk merestart Laptop.

Instal Aplikasi CCleaner
Nah, Tips yang terakhir ini menggunakan Aplikasi CCleaner, CCleaner bukanlah aplikasi yang asing bagi sebagian pengguna komputer didunia. CCleaner merupakan  program yang mudah digunakan yang membuat komputer Sobat menjadi lebih cepat, lebih aman dan lebih dapat diandalkan. Tugas CCleaner cukup simpel menghapus cookies, file-file sementara dan berbagai data yang tidak terpakai lainnya yang membuntu disistem operasi Sobat. Hal ini membebaskan ruang hard disk yang berharga yang memungkinkan sistem pada Laptop Sobat berjalan lebih cepat. CCleaner juga mampu memperbaiki kesalahan dan pengaturan yang rusak untuk membuat komputer Sobat lebih stabil. Kelebihan ini lah yang menjadikan CCleaner Aplikasi favorit bagi penggunah komputer didunia baik.


Untuk Download Aplikasinya Gratis disitusnya, Namun untuk versi Pro berbayar.

Nah, Sekian Tips Menjaga Dan Memaksimalkan Performance Laptop dari Saya semoga bermanfaat :)

1 Response to "Tips Menjaga Dan Memaksimalkan Performance Laptop"