Cara Paling Mudah Membuat Surat Masal / Mail Merge Pada Microsoft Word

Membuat Surat Masal

Keperluan surat-menyurat tentunya sangat perlu bagi sebuah Organisasi, Perusahaan atau sebuah Institusi dalam membuat surat edaran. Namun bagaimana jika surat tersebut dibuat secara masal dengan nama, alamat dan data-data yang berbeda-beda tanpa mengetik satu persatu surat tersebut! Bagaimanakah cara membuat surat masal pada word? Bagaimanakah langkah-langkah membuat mailing?


Mailing Pada Microsoft Word

Mailing tersebut merupakan fitur dari Microsoft Word yang berfungsi untuk membuat surat edaran dengan cara menghubungkan surat di Ms. Word dengan data base yang berisi data-data dari Ms. Excel atau Ms. Access. 

Nah kali ini saya akan memberikan langkah-langkah Cara Paling Mudah Membuat Surat Masal Pada Microsoft Word , Tanpa Ribet!!

Yang diperlukan adalah satu buah template/surat dan database yang berisi data-data yang akan dihubungkan dengan surat tersebut.

1. Yang pertama buatlah sebuah surat di Ms. Word yang akan sobat edarkan, Seperti contoh yang saya buat ini.


2. Buat juga database yang berisi data-data yang akan kita hubunkan ke Ms. Word. Di sini saya membuat database menggunakan Ms. Excel. Buat dan simpan/save database tersebut. Ingat harus diberi kolom judul, seperti contoh di bawah NAMA dan KELAS.


3. Pada Ms. Word Sobat pilih menu " Mailings " --> " Select Recipients " kemudian pilih " Use Existing List... " kemudian pilih database yang sobat buat tdi dan ' Open "


dan akan keluar tampilan pilihan sheet yang akan di pilih. Pilih sheet yang berisi database yang sobat buat tdi dan " OK "


4. Letakan posisi kursor pada titik yang akan di hubungkan dengan database kemudian pilih " Insert Merge Field " pilih " nama ". Lakukan langkah-langkah tersebut ke semua titik yang akan dihubungkan.


5. Setelah itu pilih " Auto Check for Error ". --> " OK " Dan akan muncul tampilan dokumen baru Ms. Word dan bisa sobat liat hasilnya. Setelah itu tinggal sobat save.


6. Sekian dari saya Cara Paling Mudah Membuat Surat Masal / Mail Merge Pada Microsoft Word Selamat mencoba :)

Untuk lebih mudah simak video dibawah ini

https://www.youtube.com/watch?v=foTCLlKBswc



0 Response to "Cara Paling Mudah Membuat Surat Masal / Mail Merge Pada Microsoft Word"