Mengatasi Beberapa Tombol Keyboard yang Tidak Berfungsi Pada Laptop

Cara Mengatasi Beberapa Tombol Keyboard yang Tidak Berfungsi Pada Laptop.

Pernah sobat mengalami beberapa tombol keyboard laptop sobat tidak berfungsi? Tidak berfungsi sebagian? Atau keyborad laptop tiba-tiba tidak berfungsi?

eits, jangan dibawa ke toko service dulu, kali ini saya akan membagi pengalaman saya dalam dunia service laptop terutama pengalaman saya ketika memperbaiki laptop teman, Sehingga sobat dapat memperbaiki sendiri.

Ada beberapa penyebab kenapa tombol pada keyboard laptop tidak berfungsi diantaranya :
  • Virus, Hah masak iya ada virus yang bisa merusak keyboard -_-, entahlah namun ini bedasarkan apa yang saya alami ketika beberapa tombol keyboard laptop saudara saya tidak berfungsi karena tidak ada antivirus.
  • Terjadinya Benturan keras diatas keyboard sehingga menyebabkan konektor keyboard kendur.
  • Konektor keyboard yang kotor.
  • Jatuh.
Sebelumnya kita harus memastian apa penyeban kerusakan pada keyboard laptop tersebut, apakah karena virus, konektor yang kendur atau konektor yang kotor.

Langkah pertama scan Disk C: dengan antivirus, saran saya gunakan antivirus yang bagus, untuk rekomdasi dari saya gunakan Microsoft Security Essentials, Antivirus ini terbukti paling ampuh menurut saya karena saya sudah menggunakannya hampir 4 tahun lebih dan Alhamdulillah sejauh ini laptop saya aman dari virus.


Untuk pengguna Windows 8/8.1 tidak usah repot harus instal antivirus ini karena sudah ada dalam sistem tinggal diupdate saja Windows Deffendernya, antivirus ini sama bagusnya dengan Microsoft Security Essentials, Hanya saja Microsoft Security Essentials dikhususkan Untuk pengguna windows 7/vista.

J&T Gratis Ongkir Januari 2020 | Bukalapak

Untuk mendownload nya bisa langsung kunjungi situs resminya
http://windows.microsoft.com/en-us/windows/security-essentials-download

Catatan : " Setelah proses instal selesai antivirus ini perlu koneksi untuk Update, sering-sering saja di Update agar lebih bagus "
Setelah sobat download antivirusnya, sudah di update dan sudah di scan full dick C: Sobat cek kembali apakah tombol keyboard yang mati sudah berfungsi kembali, Buka Ms. Office Word periksa semua tombol pada keyboard jika berfungsi kembali berarti windows sobat hanya terinfeksi virus jika masih tidak berfungsi berarti sobat harus membuka keyboard untuk memastikan apakah konektor masih terpasang dengan benar.

Baca Juga : Tips Menjaga Dan Memaksimalkan Performance Laptop
                 Tips Jitu Mempercepat Startup/Booting Windows 7 Pada Laptop

Langkah pertama siapkan :

  • Obeng - kecil untuk melepaskan keyboard dari laptop.
  • Sebuah Penghapus. Apasih fungsi Penghapus " Untuk membersihkan Konektor keyboard dari kotoran yang menempel/debu "
Dalam hal ini saya mempraktikan pada Laptop ASUS saya, untuk sobat yang menggunakan laptop selain ASUS pokoknya sobat harus sebisa mungkin bisa melepaskan keyboard karena tidak semua laptop sama caranya dengan yang akan saya praktekkan, untuk ASUS sendiri menurut saya yang paling mudah, yuk langsung saja kita praktekkan :

1. Sebelum itu copot terlebih dahulu baterai laptop/charger hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diiginkan.

2. Congkel bagian yang saya beri tanda dengan Obeng -


Mengatasi Beberapa Tombol Keyboard yang Tidak Berfungsi Pada Laptop

3. Setelah itu, lepaskan konektor keboard dengan menarik sisi kanan dan kiri pada slot konektor ,hati-hati dalam langkah ini.

Mengatasi Beberapa Tombol Keyboard yang Tidak Berfungsi Pada Laptop

4. Ketika sudah terlepas disinilah peran penghapus sangat penting untuk membersihkan bagian pin konektor dari kotoran dan debu yang menempel, Gosoklah bagian pin konektor hingga bersih.


Mengatasi Beberapa Tombol Keyboard yang Tidak Berfungsi Pada Laptop

5. Setelah dirasa sudah bersih pasang kembali keyboard laptop Sobat, ingat berhati-hatilah pada saat memasang pastikan Sobat tidak terbalik saat memasang.

6. Cek kembali ketika sudah selesai memasang keyboard Laptop Sobat apakah sudah berfungsi dengan normal.

Sekian Cara Mengatasi Beberapa Tombol Keyboard yang Tidak Berfungsi Pada Laptop, terimakasih, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar :)

4 Responses to "Mengatasi Beberapa Tombol Keyboard yang Tidak Berfungsi Pada Laptop"

  1. Gan kalau tombol enter dan scroll di touchpad gk fungsi itu kira" kerusakannya dmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo tombol enter yg rusak sudah di coba cara di atas?
      untuk scroll mungkin harus instal driver bawaan laptop, seperti pada laptop asus namanya Smart Touchpad, kemungkinan lain soket kendur, coba di bongkar dan di bersihkan seperti cara di atas.

      Delete
  2. wow bermanfaat sekali kak .. thanks yaa.. yuk cek => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI SEMARANG DEMAK UNGGARAN KENDAL Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda http://onsite.znotebookrepair.com

    ReplyDelete